Fenomena Alam Bulan Biru

Posted on
Ilustrasi Blue Moon


Mas Helmi – Fenomena Alam Bulan Biru | Pada tanggal 31 Juli 2015 langit bumi akan dihiasi dengan fenomena “bulan biru”. Fenomena alam ini sangat jarang terjadi dan saat yang ditunggu tunggu terlebih oleh pada pakar astronomi.

Biasanya bulan purnama terjadi sebulan sekali, 12 kali dalam setahun. Namun pada tahun 2015 ini, Purnama terjadi 13 kali. Bulan juli akan memiliki 2 purnama.

Nantinya penghuni bumi bisa melihat bulan berukuran besar yang menghiasi malam. Tapi jika anda menduga dan berharap bulan berwarna biru di angkasa.Maka anda salah besar. Fenomena Bulan Biru bukan bulan akan berwarna biru, melainkan fenomena purnama yang langka dan hanya terjadi 2,5 tahun sekali. Terakhir fenomena ini muncul pada Agustus 2012 lalu.

Isitilah “Bulan Biru” muncul akibat adanya kebakaran hutan hebat yang terjadi di daerah Swedia dan Kanada pada tahun 1950 dan 1951. Pada kebakaran tersebut, Asap mengganggu pandangan atmosfir bumi sehingga saat itu saat purnama kedua terjadi bulan seakan akan berwarna biru.

Namun ingat bulan ini tidak akan berwarna biru, malah karena aerosol, bulan akan berwarna kemerah merahan. Bersamaan bulan biru akan tampak venus dan jupiter di ufuk barat sesaat senja tiba. Mari kita saksikan fenomena bulan biru jika terlewat anda bisa melihatnya di tahun 2018.

Incoming search terms: